Diseminasi Peraturan Perundang-undangan di bidang PBK

Jakarta, 15 – 16 Agustus 2017

Kepala Bappebti Kemendag, Bachrul Chairi membuka acara diseminasi peraturan di Bidang PBK yang terkait dengan penerapan program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU/PPT) kepada para Direktur Kepatuhan Pialang Berjangka di Jakarta, Selasa (15/08).

Acara diselenggarakan bekerjasama dengan Asosiasi Perdagangan Berjangka Indonesia (ASPEBTINDO). Hadir pada acara tersebut Sekretaris Bappebti, Nusa Eka; Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti, Sri Hariyati; dan Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Pantas Lumban Batu; Ketua ASPEBTINDO, F Wishnubroto; Dirut PT ICH, Nursalam dan Direktur PT BBJ, Doni Raymond.

Dalam sambutannya, Kepala Bappebti menekankan bahwa peran perusahaan Pialang Berjangka, khususnya Direktur Kepatuhan sangat penting untuk pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Pendanaan Terorisme. Ke depannya, Bappebti akan melakukan evaluasi dan pengawasan serta penegakan atas pelaksanaan program APU/PPT di masing-masing Pialang Berjangka.

Ketua ASPEBTINDO, F. Wishnubroto menyampaikan laporan acara diseminasi peraturan di bidang PBK. Acara ini merupakan salah satu kewajiban ASPEBTINDO sebagai asosiasi dalam meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan kepatuhan pelaku usaha, khususnya Direktur Kepatuhan pialang berjangka.

Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan, Sri Hariyati menyampaikan sosialisasi Perka Bappebti tentang Persyaratan, Tugas, Wewenang dan Kewajiban Direktur Kepatuhan Pialang Berjangka.

Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Pantas Lumban Batu menyampaikan mengenai Evaluasi Pelaksanaan Tugas Direktur Kepatuhan Pialang Berjangka.

Pada sesi lain, akan disampaikan mengenai Implementasi Perka No 2/2016, Perka No 4/2017 serta peraturan bersama terkait dengan Pemblokiran Serta Merta atas orang atau Korporasi yang Identitasnya tercantum dalam Daftar Proliferasi Senjata Pemusnah Massa berdasarkan Surat PPATK. Di hari kedua, akan dijelaskan mengenai Implementasi NRA, SRA serta implementasi Risk Based Approach pada Pialang Berjangka yang merupakan salah satu syarat yang dipenuhi dalam rangka persiapan Mutual Evaluation Review (MER) tahun 2017. Selain itu juga disampaikan mengenai Kode Etik Anggota Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia oleh ASPEBTINDO.

Acara ini dihadiri oleh 80 orang, diantaranya pejabat Bappebti, perwakilan Bursa Berjangka dan Kliring Berjangka Indonesia serta Direktur Kepatuhan dari 59 Perusahaan Pialang Berjangka.

Pelatihan Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka

Bandung, 25 – 26 Juli 2017

Dalam rangka mempersiapkan diri bagi para peserta Calon Wakil Pialang Berjangka untuk menghadapi Ujian Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka, yang diselenggarakan oleh Bappebti pada tanggal 27-28 Juli 2017 di Bandung, maka ASPEBTINDO mengadakan Pelatihan Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka selama 2 (dua) hari pada tanggal 25-26 Juli 2017 di Banana Inn Hotel Bandung.

Pembukaan Pelatihan Profesi Calon Calon Wakil Pialang Berjangka dilakukan oleh Bpk. Kadjatni, sebagai Wakil Ketua I Pengurus ASPEBTINDO.

Peserta diberikan Pre test latihan mengerjakan soal ujian tertulis (pilihan ganda dan Essay).

Materi-materi pelatihan disampaikan oleh pengajar dari anggota Komite Diklat dan Pengurus ASPEBTINDO, di antaranya yaitu, Bpk. Irawan Tjindana, Bpk. Chrisnawan dan Bpk. Kadjatni.

Penyampaian materi Peraturan Perdundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi Oleh Bpk. Yovian Andri Prihandono dari Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti.

Peserta diberikan Post test latihan mengerjakan soal ujian tertulis (pilihan ganda dan Essay).

Simulasi test wawancara dan pembahasan kisi-kisi soal oleh Bpk. Yovian dari Bappebti, Bpk. Chrisnawan, Bpk. Irawan dan Bpk. Kadjatni.

Pemberian Souvenir bagi peserta Pelatihan yang mendapatkan nilai Pre Test dan Post Test tetinggi.

 

ASPEBTINDO dan Bappebti Gelar Pasar Murah Ramadhan 1438 H / 2017 di Sulawesi

ASPEBTINDO dan Bappebti Kementerian Perdagangan RI pada bulan Ramadhan 1438 H/2017 kembali mengadakan kegiatan Pasar Murah Ramadhan di beberapa Pondok Pesantren di wilayah Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Selatan. Ada 5 (Lima) Pondok Pesantren yang dipilih menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan Pasar Murah Ramadhan di Pulau Sulawesi yaitu:

  • Wilayah Gorontalo, diselenggarakan di Yayasan Sabrun Jamil, Kec Bone Bolango pada tanggal 15 Juni 2017; dan Pondok Pesantren Hubulo, Kec. Tapa pada tanggal 16 Juni 2017.
  • Wilayah Gorontalo, diselenggarakan di Yayasan Al Ma’arif Mts. Nurut Taqwa Kec. Kayubulan Limboto pada tanggal 16 Juni 2017; dan Pondok Pesantren Kyai Modjo Kec. Limboto Barat pada tanggal 18 Juni 2017.
  • Wilayah Sulawesi Selatan, diselenggarakan di Majelis Taklim Kec. Kamanre, Kab. Luwu pada tanggal 20 Juni 2017.

Suasana Pasar Murah  di Yayasan Sabrun Jamil, Kota Bone Bolango pada tanggal 15 Juni 2017;

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Hubulo, Kota Bone Bolango pada tanggal 16 Juni 2017;

Suasana Pasar Murah  di Yayasan Al Ma’arif Mts. Nurut Taqwa Kayubulan Limboto, Kab. Gorontalo  pada tanggal 16 Juni 2017;

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Kyai Modjo Limboto Barat, Kab. Gorontalo  pada tanggal 18 Juni 2017;

Suasana Pasar Murah  di Majelis Taklim  Kec. Kamanre, Kab. Luwu, Sulawesi Selatan  pada tanggal 20 Juni 2017;

 

ASPEBTINDO dan Bappebti Gelar Pasar Murah Ramadhan 1438 H / 2017 di Kalimantan

ASPEBTINDO dan Bappebti Kementerian Perdagangan RI pada bulan Ramadhan 1438 H/2017 telah mengadakan kegiatan Pasar Murah Ramadhan di beberapa Pondok Pesantren di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Ada 7 (tujuh) Pondok Pesantren yang dipilih menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan Pasar Murah Ramadhan di pulau Kalimantan yaitu:

  • Wilayah Kalimantan Utara, diselenggarakan di Pondok Pesantren Uhyatul Mualimin Dan Pondok Pesantren Hidayatullah di Kota Tarakan pada tanggal 9 Juni 2017.
  • Wilayah Kalimantan Selatan, diselenggarakan di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Kota Banjar Baru pada tanggal 12 Juni 2017; Pondok Pesantren Hidayatullah di Kabupaten Banjar pada tanggal 12 Juni 2017 dan Pondok Pesantren Nurul Jannah di Kota Banjarmasin pada tanggal 14 Juni 2017.
  • Wilayah Kalimantan Tengah, diselenggarakan di Pondok Pesantren Fajar Islam, Kota Kuala Kapuas pada tanggal 14 Juni 2017.
  • Wilayah Kalimantan Timur, diselenggarakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Balikpapan pada tanggal 14 Juni 2017.

 

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Uhyatul Mualimin dan Pondok Pesantren Hidayatullah di Kota Tarakan pada tanggal 9 Juni 2017.

 

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Kota Banjar Baru pada tanggal 12 Juni 2017;

 

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Hidayatullah di Kabupaten Banjar pada tanggal 12 Juni 2017

 

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Nurul Jannah di Kota Banjarmasin pada tanggal 14 Juni 2017

 

Suasana Pasar Murah  di Pondok Pesantren Fajar Islam, Kota Kuala Kapuas pada tanggal 14 Juni 2017

Suasana Pasar Murah di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Balikpapan pada tanggal 14 Juni 2017

 

Paket sembako dengan harga Rp. 100.000 (Seratus ribu) dijual dengan harga Rp. 50.000 (Lima puluh ribu), kemudian hasil penjualan sembako akan disumbangkan untuk Pondok Pesantren.

Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK)

Medan, 6 Mei 2017

Selasa tanggal 09 Mei 2017, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) bekerja sama dengan Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) di Ballroom, Hotel Emerald Garden Kota Medan – Sumatera Utara. Pertemuan Teknis ini diselenggarakan dalam rangka diseminasi peraturan Kepala Bappebti antara lain Pelaksanaan Pedoman Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Customer Due Diligence); Pedoman Pelaksanaan Pemblokiran Serta Merta oleh Pialang Berjangka atas dana yang dimiliki oleh Orang atau Korporasi yang identitasnya tercantum dalam DTTOT, termasuk penyampaian “Penilaian Risiko TPPU/TPPT (Sectoral Risk Assessment) Pada Sektor Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2017”, serta persiapan kantor cabang Pialang Berjangka dalam rangka pelaksanaan transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana Pengampuan Pajak (tax amnesty).

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti, Ibu Sri Hariyati menjelaskan mengenai latar belakang penerbitan dan pokok pengaturan dalam Peraturan Kepala Bappebti tentang Prinsip Mengenal Nasabah oleh Pialang Berjangka; Pedoman Pelaksanaan Pemblokiran Serta Merta oleh Pialang Berjangka atas dana yang dimiliki oleh Orang atau Korporasi yang identitasnya tercantum dalam DTTOT, termasuk penyampaian “Penilaian Risiko TPPU/TPPT (Sectoral Risk Assessment) Pada Sektor Perdagangan Berjangka Komoditi Tahun 2017”, dengan pemandu Bapak Tengku Bayu – Kepala Bagian Perumusan Peraturan Perundang-undangan dan Pelayanan Hukum.

Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Bapak Pantas Lumban Batu menjelaskan mengenai kesiapan Persiapan Industri Perdagangan Berjangka dalam rangka menyongsong pelaksanaan transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana pengampunan pajak (Tax Amnesty).

Sdri Stella Lukman (kanan) – Vice President Business Development PT. Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), dan Sdr. Isha (kiri) – Product and Business Development PT. Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), yang dimoderatori oleh Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto (tengah) – Direktur Eksekutif Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo), menjelaskan “Persiapan Bursa Berjangka dalam rangka pelaksanaan menyongsong transaksi kontrak berjangka yang bersumber dari dana pengampunan pajak (Tax Amnesty)”

Bpk. F. Wisnubroto (Kanan) Ketua Pengurus Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) menjelaskan Program Kerja Aspebtindo, termasuk kemanfaatan dan keanggotaan Aspebtindo dengan dipandu Kabag Pengembangan Data dan Teknologi Informasi.

 

Pelatihan Profesi Wakil Pialang Berjangka

Malang, 26 – 27 April 2017

Pelaksaan Pelatihan Profesi Wakil Pialang Berjangka dilaksanakan di Hotel The Shalimar Malang, dihadiri  peserta sebanyak 92 orang dari berbagai perusahaan Pialang Berjangka Anggota ASPEBTINDO yang akan mengikuti Ujian Profesi Wakil Pialang Berjangka di Malang pada tanggal 28 April 2017

 

 

Pembukaan Pelatihan yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif ASPEBTINDO, Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto

Sebelum masuk materi, peserta pelatihan diberikan tugas untuk mengisi pre-test di awal pelatihan.

Kepada para peserta pelatihan diberikan pembekalan materi-materi yang terkait dengan tugas dan fungsi Wakil Pialang Berjangka. Adapun para pengajar diambil dari anggota Komite Diklat ASPEBTINDO.

Penyampaian materi Peraturan Perundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi, oleh Bpk. Himawan Purwadi, Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar BAPPEBTI.

Setelah semua materi selesai disampaikan, peserta diberikan soal Post test dan mengisi selama 15 menit

Pembahasan soal Kisi-kisi Ujian profesi WBP Bersama Bpk, Irawan Tjindana, Bpk Riswan dan didampingi Oleh Bpk. Himawan Purwadi dari Bappebti.

Pemberian Souvenir kepada peserta yang mendapatkan nilai Pre test dan Post test terbaik

Pemberian Sertifikat Pelatihan secara Simbolis Kepada Peserta Pelatihan

Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan Di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi

Makasar, 23 Maret 2017

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) berkerjasama dengan  Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi (Aspebtindo) menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Teknis Implementasi Ketentuan di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) di Ruang Diamond, Hotel Best Western Plus Beach Makassar, Kamis (23/03). Pertemuan Teknis dibuka oleh Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti Ibu Sri Hariyati.

Ketua Umum Aspebtindo F. Wishnubroto memberikan kata sambutan dalam acara Pertemuan Teknis. Pertemuan Teknis diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman peraturan perundang-undangan di bidang PBK, terutama Peraturan Kepala Bappebti (Perka) No. 2 tahun 2016 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah Oleh Pialang Berjangka dan Perka No. 1 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Transaksi Kontrak Berjangka Dalam Rangka Mendukung Undang-Undang Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

Pada awal Pertemuan Teknis,Ibu Sri Hariyati, Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti membacakan sambutan Kepala Bappebti.

Pada sesi kedua, Ibu Sri Hariyati, Kepala Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan Bappebti membacakan sambutan Kepala , menjelaskan mengenai latar belakang penerbitan dan pokok pengaturan dalam Peraturan Kepala Bappebti Nomor 2 Tahun 2016 tentang Prinsip Mengenal Nasabah Oleh Pialang Berjangka. Kemudian Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Pantas Lumban Batu memberikan presentasi tentang Kesiapan Pelaku Usaha Perdagangan Berjangka Komoditi Dalam Rangka Pelaksanaan Transaksi Kontrak Berjangka Yang Bersumber Dari Dana Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

Pada sesi ketiga, Direktur Utama PT. Bursa Berjanga Jakarta, Stephanus Paulus Lumintang memberikan materi kepada Peserta tentang Persiapan PT BBJ dalam rangka menyongsong pelaksanaan transaksi Kontrak Berjangka yang bersumber dari dana pengampunan pajak (Tax Amnesty).

Pertemuan Teknis tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti, Ketua Aspebtindo, Direktur Eksekutif Aspebtindo, Direktur Utama PT. Bursa Berjangka Jakarta, Direksi Pialang Berjangka dan Para Kepala Kantor Cabang Pialang Berjangka serta Wakil Pialang Berjangka di wilayah Sulawesi.

Pelatihan Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka

Bandung, 6-7 Maret 2017

Dalam rangka mempersiapkan diri bagi para peserta Calon Wakil Pialang Berjangka untuk menghadapi Ujian Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka, yang dislelenggarakan oleh Bappebti pada tanggal 8-9 Maret 2017 di Bandung, maka ASPEBTINDO mengadakan Pelatihan Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka selama 2 (dua) hari pada tanggal 6-7 Maret 2017 di Mitra Hotel Bandung.

Pembukaan Pelatihan Profesi Calon Calon Wakil Pialang Berjangka dilakukan  oleh Direktur Eksekutif ASPEBTINDO Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto.

Peserta diberikan Pre test latihan mengerjakan soal ujian tertulis (pilihan ganda dan Essay).

Penjelasan tentang Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia oleh Bpk. Adrian Zenggi dari ASPEBTINDO.

Bpk. Irawan Tjindana, selaku Anggota Bidang Humas dan Edukasi menjelaskan mengenai Pedoman Pialang Berjangka dan Wakil Pialang Berjangka

Penyampaian materi Peraturan Perdundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi Oleh Bpk. Himawan Purwadi dari Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti

Pembahasan Kisi-kisi soal tertulis dan wawancara ujian Profesi Calon Wakil Pialang Berjangka oleh Bpk. Himawan Purwadi dari Bappebti bersama-sama dengan Bpk. Chrisnawan, Bpk Irawan dan Bpk. Adrian dari ASPEBTINDO.

Penutupan Pelatihan Profesi CWPB Oleh Ketua Umum ASPEBTINDO, Bpk. F. Wishnubroto.

Pemberian Souvenir bagi peserta Pelatihan yang mendapatkan nilai Pre Test dan Post Test tetinggi.

Rapat Anggota Tahunan Aspebtindo 2017

21 Februari 2017

Rapat Anggota Tahunan (RAT) ASPEBTINDO Tahun 2017  diselenggarakan untuk memenuhi ketentuan pada pasal 16 Anggaran Dasar ASPEBTINDO angka 2, yang menyebutkan bahwa: Rapat Umum Anggota Tahunan, yang diadakan 1 (satu) tahun sekali, untuk melaporkan kegiatan dan rencana kerja. Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ASPEBTINDO Tahun 2017  diselenggarakan pada hari Selasa 21 Februari 2017 di Auditorium Graha Mandiri, Jalan Imam Bonjol no, 61, Jakarta Pusat. dengan mengundang Anggota ASPEBTINDO, Pembina ASPEBTINDO, dalam hal ini BAPPEBTI, dan Dewan Pengawas ASPEBTINDO.

Pembukaan RAT yang dilanjutkan dengan pemaparan laporan pelaksanaan kegiatan ASPEBTINDO tahun 2016 dan rencana kegiatas ASPEBTINDO tahun 2017 oleh Bpk. F. Wishnubroto selaku ketua Umum ASPEBTINDO,

Tanggapan dan masukan dari Anggota ASPEBTINDO terhadap laporan pelaksanaan kegiatan ASPEBTINDO tahun 2016 dan rencana kegiataN ASPEBTINDO tahun 2017

Pembacaan risalah hasil Rapat Anggota Tahunan ASPEBTINDO oleh Bpk. Jacob Ongkowidjojo selaku Sekretaris ASPEBTINDO

Sambutan-sambutan yang disampaikan oleh ketua Dewan Pengawas, Bpk. Ardiansyah Parman dan Bpk. Pantas Lumban Batu, Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik BAPPEBTI

Pembacaan Doa oleh Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto

Pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati Hari Jadi ASPEBTINDO yang ke-2 oleh Ketua Umum ASPEBTINDO didampingi Bappebti selaku Pembina ASPEBTINDO, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus ASPEBTINDO. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada Bapak Pantas Lumban Batu mewakili BAPPEBTI

Rapat Anggota Tahunan ditutup dengan makan bersama.

Dewan Pengurus ASPEBTINDO masa bakti 2015-2018 dan Direktur Eksekutif ASPEBTINDO

 

Pelatihan Kompetensi Wakil Pialang Berjangka

Jakarta, 13-14 Februari 2017

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Ujian Kompetensi Wakil Pialang Berjangka oleh Bappebti pada hari Kamis 16 Februari 2017 di Bogor, maka ASPEBTINDO kembali mengadakan Pelatihan Kompetensi Wakil Pialang Berjangka, untuk memberikan pembekalan kepada Wakil Pialang Berjangka anggota ASPEBTINDO yang akan mengikuti Ujian Kompetensi Wakil Pialang Berjangka. Kegiatan Pelatihan Kompetensi Wakil Pialang Berjangka diselenggarakan pada hari Senin dan Selasa 13-14 Februari 2017 di ruang pelatihan ASPEBTINDO, Gedung Graha Mandiri, Jakarta Pusat.

Jumlah Peserta Pelatihan Kompetensi Wakil Pialang Berjangka mencapai 73 orang.Mengingat jumlah peserta pelatihan melebihi kapasitas ruang pelatihan ASPEBTINDO yang hanya dapat menampung 55 orang, maka kegiatan pelatihan dibagi menjadi 2 (dua) kelas, yaitu di ruang Pelatihan dan di ruang Rapat ASPEBTINDO.

Sebelum dimulai materi pelatihan kompetensi, peserta mengisi soal-soal Pretest.

Kepada para peserta pelatihan diberikan pembekalan materi-materi yang terkait dengan tugas dan fungsi Wakil Pialang Berjangka. Adapun para pengajar diambil dari pengurus Komite Diklat ASPEBTINDO yang baru terbentuk pada 5 Desember 2016. Turut memberikan pembekalan kepada para peserta pelatihan, Ibu Sri Hariyati Kepala Biro Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti serta Bapak Himawan Purwadi dari Biro Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti.

Pembahasan kisi-kisi soal tertulis ujian kompetensi WPB

Pemberian cindera mata kepada peserta pelatihan dengan nilai Pretest dan Post test terbaik, juga pemberian Sertifikat Pelatihan kepada semua peserta pelatihan Kompetensi Wakil Pialang Berjangka.