Pialang Legal Investasi Aman

Pasar komoditi dan derivative adalah pasar yang sangat besar sehingga banyak orang berminat untuk melakukan trading di pasar ini. Hal inilah yang menyebabkan perlu adanya perizinan atau legalitas untuk menghindari timbulnya berbagai jenis penipuan dengan menyamar sebagai perusahaan pialang.

Adanya perizinan atau legalitas tersebut, keamanan dana investor akan dapat terjamin karena dana yang disetorkan nasabah untuk berinvestasi akan ditransaksikan dan transaksi tersebut disalurkan ke bursa berjangka dan kliring berjangka melalui sebuah rekening terpisah yang biasa disebut segregated account.

Rekening terpisah ini berguna untuk menampung semua dana nasabah yang berinvestasi sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak manapun termasuk pialang yang bersangkutan.

Sebuah perusahaan pialang yang tidak mengantongi izin bisa saja memakai berbagai macam promosi yang mungkin muluk-muluk untuk menjerat calon nasabahnya sehingga mau bertransaksi dan menyetorkan dananya (bukan ke rekening segregated account). Hal ini menyebabkan dana nasabah tidak dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya.

Berikut beberapa tips untuk membedakan mana pialang yang legal dan yang illegal:

Pastikan bahwa perusahaan pialang tersebut memiliki izin menjalankan usahanya oleh Bappebti, bursa berjangka dan kliring berjangka. Apabila mereka memiliki website, biasanya mereka melampirkan kopi izin pada halaman website mereka.

Pastikan apabila kita menyetorkan dana pada mereka, nomor rekening yang dituju adalah rekening segregated account.

Jangan mudah percaya dan tergiur dengan pialang-pialang yang mempromosikan bahwa apabila bertransakasi forex melalui mereka kita dibebaskan dari charge. Ini mustahil terjadi di Indonesia. Sebab pemerintah mengenakan charge pada tiap-tiap pialang berizin yang akan dibebankan kepada nasabahnya.

Mengetahui ciri-ciri pialang ilegal, sebagai berikut :

  • Tidak terdaftar di Bappebti
  • Tidak terdaftar di Bursa Berjangka
  • Tidak terdaftar di Kliring Berjangka
  • Tidak mempunyai izin transaksi di luar negeri

Anda bisa memilih perusahaan pialang yang legal dengan mencari info tentang daftar pialang-pialang yang memiliki izin resmi dari pemerintah melalui website Bappebti (www.bappebti.go.id).

Share this post