Pialang Ilegal Ini Bahayanya

Mengetahui legalitas pialang sebelum Anda melakukan aktivitas trading di sebuah perusahaan pialang adalah hal mutlak. Mungkin Anda sudah sering mendengar atau membaca sendiri testimoni beberapa trader yang menjadi korban penyalahgunaan dana oleh pialang ilegal.Yang sering menjadi pertanyaan adalah mengapa perusahaan-perusahaan seperti itu bisa tetap beroperasi dan berseliweran di internet? Ini terjadi karena internet adalah dunia bebas, dan website akan tetap ada asalkan biaya server hosting dan domainnya terbayar. Beberapa trader sempat terjebak dengan perusahaan pialang yang semacam itu karena kurangnya edukasi dan wawasan di bisnis ini.

Karena itu sebelum memutuskan untuk membuka akun riil pada suatu perusahaan pialang, cermati ijin yang dimiliki oleh perusahaan itu. Bedakan antara regulasi dengan ijin pendirian badan usaha, asosiasi atau komunitas. Jangan terkecoh dengan ijin usaha yang seolah-oleh adalah regulasi tetapi sebenarnya bukan. Perusahaan pialang ilegal semacam ini banyak mencari mangsa terutama di negara-negara yang masyarakatnya masih awam tentang investasi saham, forex, indeks saham dan sejenisnya dan belum mendapatkan cukup edukasi.

Perusahaan pialang yang tidak teregulasi akan sangat beresiko karena segala kinerjanya tidak berada di bawah pengawasan badan berwenang. Sebagai investor atau trader, Anda bisa mengalami risiko berupa penyalahgunaan dana atau manipulasi pada platform trading Anda.

Perusahaan pialang yang legal dan teregulasi akan memprioritaskan keamanan dan mutu pelayanan trading Anda daripada sekedar memberi iming-iming berupa bonus atau hadiah yang tampaknya menggiurkan. Berikut ini berberapa perangkap perusahaan pialang ilegal yang bisa merugikan Anda:
1. Sulit dihubungi
Perusahaan ilegal akan menyulitkan Anda ketika complain. Perusahaan pialang yang sulit dihubungi tentu akan mempersulit Anda untuk mendapatkan pelayanan yang layak. Perusahaan seperti ini bisa jadi menggunakan server yang lemah untuk situsnya dan tidak memprioritaskan kepentingan dan keuntungan Anda pada tempat utama.
2. Perbedaan pelayanan antara proses deposit dan penarikan investasi/withdrawal
Perusahaan pilang ilegal sering menyulitkan penarikan profit nasabah atau kliennya bahkan tidak dapat melakukan penarikan sama sekali. Ada berbagai alasan yang dikemukakan agar klien tidak dapat menarik keuntungannya. Sebaliknya, bila ada klien yang ingin deposit maka prosesnya cepat dan lancar.
3. Situs yang buruk
Anda dapat menilai kredibilitas dan kualitas sebuah perusahaan pialang dari mutu websitenya. Jika situsnya seringkali tidak aman, kerap terjadi penyalahgunaan dana milik klien maka ada kemungkinan bahwa perusahaan pialang tersebut illegal. Sebuah situs selayaknya memiliki sistem pendeteksi yang akurat untuk melacak perubahan terhadap suatu identitas.
4. Memperbolehkan transfer kepada pihak ketiga dan rekayasa harga
Yang dimaksud dengan rekayasa harga artinya ada pengaturan nilai deposit yang tidak sesuai standar dengan nilai nominal diperbesar. Tujuan dari manipulasi ini adalah untuk meningkatkan nilai likuiditas perusahaan dalam laporan keuangan. Sebagai trader atau calon trader, Anda harus sangat berhati-hati dengan jenis perusahaan pialang seperti ini.
5. Alamat kantor fiktif
Hal paling sederhana yang dapat Anda cermati apakah sebuah perusahaan pialang bermasalah atau tidak adalah dengan memperhatikan alamat kantornya. Perusahaan pialang ilegal seringkali berkantor pusat di negara-negara terpencil atau dengan nama-nama yang belum pernah Anda dengar. Alamat-alamat di negara tersebut seringkali dimanfaatkan sebagai alamat perusahaannya.
6. Website bukan alamat top domain (.com)
Hati-hati dengan situs perusahaan pialang yang tidak menggunakan top domain .com, karena perusahaan yang tidak menggunakan top domain hampir bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut ilegal atau bermasalah. Perusahaan pialang profesional dan kompeten pasti menggunakan top domain .com sebagai induk perusahaan. Jika Anda ingin memilih perusahaan pialang Indonesia yang resmi, pastikan perusahaan tersebut menggunakan top domain Indonesia .co.id atapun tetap .com.
7. Tak memiliki ijin sebagai perusahaan broker
Pada umumnya perusahaan pialang yang memegang regulasi dari lembaga pengawas keuangan yang memang berwenang akan mencantumkan badan regulatornya pada website. Dengan demikian calon klien akan bisa mencari tahu tentang perusahaan yang bersangkutan dan kredibilitasnya. Di Indonesia izin atau legalitas perusahaan pialang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti, Bursa Berjangka Jakarta atau BBJ, dan Kliring Berjangka Indonesia atau KBI.

Karena itu pilihlah perusahaan pialang yang profesional dan terpecaya. Jika Anda merugi karena trader belum terampil dalam kegiatan tradingnya, tentu itu merupakan hal yang wajar. Tetapi jika kekalahan trading investor karena sistem yang dimanipulasi demi mendapatkan keuntungan bagi perusahaan, tentu hal itu akan sangat merugikan. Selidikilah legalitas perusahaan pialang incaran Anda seteliti mungkin sebelum membuka akun riil. Ini adalah cara yang paling efektif untuk mengamankan uang Anda. Happy trading!

Share this post