Berita Asosiasi

December 2019

P4WPB November 2019

Pelaksaan Program Pelatihan Peningkatan Profesi Wakil Pialang Berjangka dilaksanakan di Sekretariat ASPEBTINDO pada tanggal 19-20 November 2019, dihadiri peserta sebanyak 17 orang Wakil Pialang Berjangka dari berbagai perusahaan Pialang Berjangka Anggota ASPEBTINDO.

Pembukaan Program Pelatihan Peningkatan Profesi Wakil Pialang Berjangka yang diselenggarakan ASPEBTINDO bekerjasama dengan PT Bursa Berjangka Jakarta dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dibuka oleh Bapak Irawan Tjindana selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan ASPEBTINDO.

Pelaksanaan Pre Test pada awal pelatihan dan Post Test pada saat berakhirnya pelatihan sebagai bahan evaluasi terhadap pemahaman kemampuan Wakil Pialang Berjangka dalam rangka meningkatkan kompetensi mereka.

Materi Pelatihan dari Bappebti disampaikan oleh Bapak M. Syst, S.H, M.H. (Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti), Ibu Widiastuti, S.E., M.Si (Kepala Biro Pengawasan Pasar Berjangka dan Fisik Bappebti), dan Bapak Drs. Subagiyo, M.M. (Kepala Bagian Pengembangan Pasar Bappebti).

Materi Pelatihan dari ASPEBTINDO disampaikan oleh Bapak Irawan Tjindana (Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan ASPEBTINDO), Bapak Jacob Ongkowidjojo (Sekretaris ASPEBTINDO), dan Bapak Jemiy (Anggota Komite Keanggotaan dan Keprofesian ASPEBTINDO).

Materi Pelatihan dari PT Bursa Berjangka Jakarta disampaikan oleh Ibu Rika Elvira, Ibapak Rahmat Achritsa, Ibu Cindy Olivia, Bapak Muflik, dan Bapak Bayu Rafsanjani. Sedangkan Materi Pelatihan dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) disampaikan oleh Bapak Satrio Wiriawan dan Bapak Bagus Triajie N.

Studi Kasus Penanganan Nasabah dipimpin oleh Bapak Udi Margo Utomo (Anggota Komite Keanggotaan dan Keprofesian ASPEBTINDO) dan dimentori oleh Bapak Amser Irawan Panjaitan serta Bapak Bernard Silitonga dari Bappebti, Ibu Rika Elvira dari PT Bursa Berjangka Jakarta dan Bapak Latief dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Pemberian Souvenir kepada Peserta dengan nilai Pre Test dan Post Test Terbaik.

Penutupan Kegiatan Program Pelatihan Peningkatan Profesi Wakil Piala Berjangka (P4WPB) oleh Bapak Jacob Ongkowidjojo selaku Sekretaris ASPEBTINDO.

February 2019

Rapat Anggota Tahunan (RAT) ASPEBTINDO 2019

Jakarta, 18 Februari 2019

Rapat Anggota Tahunan (RAT) ASPEBTINDO Tahun 2019 diselenggarakan untuk memenuhi ketentuan pada pasal 16 Anggaran Dasar ASPEBTINDO angka 2, yang menyebutkan bahwa: Rapat Umum Anggota Tahunan, yang diadakan 1 (satu) tahun sekali, untuk melaporkan kegiatan dan rencana kerja.

Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ASPEBTINDO Tahun 2019   pada hari Senin 18 Februari 2019 di Hotel Ibis Harmoni, Jakarta Pusat. dengan mengundang Anggota ASPEBTINDO, Pembina ASPEBTINDO, dalam hal ini BAPPEBTI, dan Dewan Pengawas ASPEBTINDO.

Pembukaan Rapat Anggota Tahunan diawali dengan pembacan Doa bersama oleh Bpk. M Adrian Zenggi

Sambutan-sambutan pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan oleh Ketua Umum ASPEBTINDO, Bpk. F. Wishnubroto, Ketua Dwan Pengawas, Bpk. Tris Sudarto dan Bpk. Indrasari Wisnu Wardhana, S.Kom, M.Si., Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, Dewan Pembina ASPEBTINDO.

Pemaparan laporan pelaksanaan kegiatan ASPEBTINDO tahun 2018 dan rencana kegiatan ASPEBTINDO tahun 2019 oleh Bpk. F. Wishnubroto selaku ketua Umum ASPEBTINDO

Tanggapan dan masukan dari Anggota ASPEBTINDO terhadap laporan pelaksanaan kegiatan ASPEBTINDO tahun 2018 dan rencana kegiatan ASPEBTINDO tahun 2019.

December 2018

Seminar Nasional Perdagangan Berjangka 2018

Jakarta, 27 November 2018

Dalam rangka meningkatkan citra perdagangan berjangka komoditi di Indonesia, Asosiasi Pedagang Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO) bekerjasama dengan Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan Indonesia Clearing House (ICH) dengan dukungan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan mengadakan Seminar Nasional Perdagangan Berjangka 2018 pada hari Selasa, 27 November 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Sementara itu, Ketua Umum ASPEBTINDO, F. Wishnubroto menjelaskan bahwa tema dari Seminar Nasional ini adalah How To Make Money in the Futures Market bertujuan antara lain :

  • Meningkatkan pemahaman industri Perdagangan Berjangka Komoditi kepada masyarakat;
  • Meningkatkan citra positif industri Perdagangan Berjangka Komoditi kepada masyarakat;
  • Memberikan kesempatan kepada para Pelaku Usaha PBK untuk memperkenalkan kegiatannya kepada masyarakat;
  • sebagai sarana bagi Pelaku Usaha Perdagangan Berjangka untuk dapat saling bertukar pikiran/gagasan demi kemajuan industri Perdagangan Berjangka Komoditi nasional;
  • sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan antara para pelaku usaha di industri Perdagangan Berjangka Komoditi

Tema Peran Pasar Berjangka Dalam Perekonomian Indonesia dibuka oleh Kepala BAPPEBTI, Indrasari Wisnu Wardhana. “BAPPEBTI berharap perdagangan berjangka komoditi dapat berperan strategis sebagai sarana lindung nilai (hedging), sarana pembentukan harga (price discovery), dan alternatif investasi yang menarik dengan konsep high risk high return” tegas Kepala Bappebti

Diskusi Panel I dengan tema“ Peran Otoritas Dalam Pengembangan Industri Perdagangan dengan Panelis yang berasal dari ASPEBTINDO, Bappebti, Satgas Waspada Investasi, Kominfo dan PPATK.

Hiburan permainan alat musik dengan angklung mang Udjo.

Diskusi Panel II dengan tema “ Rencana Pengembangan Produk Instrumen, Fasilitas, dan Kelembagaan di tahun 2019 ” dengan Panelis yang berasal dari Bursa Berjangka Jakarta, Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia, Kliring Berjangka Indonesia, Indonesia Clearing House dan BAKTI

Presentasi dari Mr. Nico Omer Jonckheere, Senior Research Analyst yang akan memaparkan mengenai “ How To Make Money In The Futures Market

Penyerahan Piagam penghargaan atas partisipasi kepada para Sponsorship Seminar Nasional Perdagangan Berjangka 2018.

Pengundian doorprize kepada peserta Seminar Nasional Perdagangan Berjangka 2018.

Berikut media Online yang menginfokan kegiatan Seminar Nasional Perdagangan Berjangka 2018

market.bisnis.com

www.antaranews.com

kumparan.com

www.beritasatu.com

republika.co.id

www.viva.co.id

www.wartaekonomi.co.id

www.inews.id

bisnis.com

wartaekonomi.co.id

www.kemendag.go.id

ekbis.sindonews.com

mitrapol.com

id.beritasatu.co.id

 

September 2018

Pertemuan Teknis Implementasi di Bidang PBK

Manado, 6 September 2018

 

Acara Pertemuan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-Undangan Di Bidang Perdagangan Berjangka Komoditi dengan para Direksi Perusahaan Pialang Berjangka, yang dilaksanakan atas kerjasama antara Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BappebtI) Kementerian Perdagangan dengan Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO).

Adapun tujuan pelaksanaan Pertemuan Teknis ini adalah untuk memberikan penjelasan dan pemahaman lebih lanjut  kepada para Direksi Perusahaan Pialang Berjangka, mengenai peraturan perundang-undangan di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi, khususnya peraturan-peraturan yang baru diterbitkan yang wajib dipahami oleh para Direksi Perusahaan Pialang Berjangka untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugasnya.

Adapun materi yang akan dibahas dalam acara Pertemuan Teknis ini antara lain:

  1. Peraturan Bappebti Nomor 2 Tahun 2018 tentang Izin Wakil Pialang Berjangka;
  2. Peraturan Bappebti Nomor 3 Tahun 2018 tentang Izin Usaha Pialang Berjangka dan Persetujuan Pembukaan Kantor Cabang Pialang Berjangka;
  3. Peraturan Bappebti Nomor 4 Tahun 2018 tentang Ketentuan Teknis Perilaku Pialang Berjangka;
  4. Peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Kepala Bappebti Nomor 99/BAPPEBTI/PER/11/2012 tentang Penerimaan Nasabah Secara Elektronik On-line di Bidang Perdagangan Berjangka.

Terakhir akan disampaikan oleh Narasumber dari ASPEBTINDO mengenai Keanggotaan ASPEBTINDO dan Kesiapan ASPEBTINDO dalam pelaksanaan P4WPB.

August 2018

Kerjasama ASPEBTINDO dengan STIE TRIDHARMA

Bandung, 03 Agustus 2018

Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (ASPEBTINDO) dan STIE TRIDHARMA  melakukan kerjasama dibidang Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Berjangka Komoditi  yang ditandatangani pada hari Jumat 3 Agustus 2018 yang beralamat di Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 10, Lingkar Selatan, Lengkong, Lkr. Sel., Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263.

Dalam hal ini STIE TRIDHARMA diwakili oleh Dadang Suhairi. SE. MM selaku Ketua, sedangkan dari pihak Aspebtindo di wakili oleh Fridericus Wishnubroto, selaku Ketua Umum ASPEBTINDO dan Ricky Irawan selaku Wakil Ketua III Bidang Pengembangan dan Kerjasama.

Tujuan ini adalah untuk meningkatkan pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang utamanya melalui kegiatan bersama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan memberikan kesempatan kepada civitas akademika untuk memahami aktivitas transaksi dalam bidang Perdagangan Berjangka Komoditi.

July 2018

Pertemuan Pengurus ASPEBTINDO dengan Kepala BAPPEBTI

Jakarta, 23 Juli 2018

Pada hari Senin 23 Juli 2018, bertempat di ruang kerja Kepala Bappebti, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus ASPEBTINDO mendapatkan kesempatan untuk silaturahmi dengan Kepala Bappebti yang baru, Bapak Indrasari Wisnu Wardhana, S.Kom, M.Si, yang baru dilantik sebagai Kepala Bappebti oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2018.

 

Pada kesempatan tersebut Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Aspebtindo memperkenalkan diri personil yang ada di Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Aspebtindo, juga dijelaskan secara sekilas mengenai tugas pokok dan fungsi Aspebtindo.

Bapak Wishnu Wardhana mengharapkan kerjasama Bappebti dan ASPEBTINDO dapat lebih ditingkatkan pada masa mendatang, khususnya dalam program peningkatan Sumber Daya Manusia di industri perdagangan berjangka.

 

September 2017

Kunjungan Edukasi Universitas Teknologi Yogyakarta ke Aspebtindo

Jakarta, 04 September 2017

Pada tanggal 4 September 2017, pengurus ASPEBTINDO telah menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) sejumlah 43 orang. Kunjungan .ini merupakan salah satu program kerja KSPM (Kelompok Studi Pasar Modal) di UTY, yaitu studi Banding ke ASPEBTINDO, Bursa Berjangka Jakarta dan Bursa Efek Indonesia , yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Industri Perdagangan Berjangka Komoditi dan industri Pasar Modal.

Pembukaan yang disampaikan langsung oleh Bpk. Chrisnawan Triwahyuardhianto, Direktur Eksekutif Aspebtindo.

Sambutan mewakili KSPM UTY, mahasiswa yang berasal dari Jurusan Managemen, Akuntansi dan Informatika dari tingkat III hingga tingkat IV.

Hadir juga Ketua Umum Aspebtindo, Bpk. F. Wishnubroto yang memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Mahasiswa UTY.

Penyampaian Materi oleh Bpk. Kadjatni mengenai Perdagangan Berjangka Komoditi, Peraturan Perundang-undangan dibidang Perdagangan Berjangka Komoditi dan Kelembagaan dalam Perdagangan Berjangka Komoditi

Selanjutnya Penyampaian materi Oleh Bpk. Adrian Zenggi mengenai Jenis-jenis kontrak yang diperdagangkan, Mekanisme transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi dan Penerapan sanksi Administratif dan Pidana dalam Perdagangan Berjangka.

Sesi tanya jawab mengenai Industri Perdagangan Berjangka Komoditi.

 

 

 

 

April 2016

Bappebti Grebek Bisnis Forex Illegal di Pekanbaru

PEKANBARU, CITRAINDONESIA.COM- Kembali muncul Nyali alias Taji Bappebti. Padahal lembaga di bawah Presiden Sjoko Widodo, bernama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, harusnya tajinya super tajam dan tegas mengganyang oknum- oknum pialang abal- abal. Jadi bukan “Macan Ompong” seperti terjadi akhir- akhir ini. (more…)